Header Ads

Din Himbau Umat Islam Menjalankan Kewajiban Menshalati Jenazah Sesama Muslim


SatuPos.Com | Ketua Dewan Pembina Majelis Ulama Indonesia Prof Dr Din Syamsudin mengimbau umat Islam agar dapat menjalankan kewajibannya menshalati jenazah sesama Muslim.

Himbauan itu disampaikan Din menanggapi silang pendapat yang sedang berkembang saat ini terkait ogah mensholati para pendukung Calon Gubernur Kafir.

Terkait banyaknnya spanduk larangan shalat jenazah bagi pendukung calon gubernur tertentu,  Din menegaskan, MUI tak bisa melarang.

Hanya saja, katanya, sebagai muslim menshalatkan jenazah sesama Muslim harus dilakukan oleh umat Muslim.

"Oleh karena itu umat Islam saya imbau supaya fardu kifayah ini bisa kita jalankan,"  kata Din kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/3).

Din tak mempermasalahkan apabila terdapat umat Islam yang tidak bersedia untuk melakukan shalat jenazah karena alasan tertentu. Sebab, masih ada umat Islam lainnya yang dapat menshalatkan jenazah, seperti keluarga dekat.

"Kalau ada yang tidak bersedia karena alasan-alasan tertentu ya silahkan saja, fardu kifayah, kan pasti ada umat Islam lain yang berkesempatan paling tidak keluarga terdekat," demikian Din.


No comments