Header Ads

Kiai Maksum: Pesantren Tidak Bisa Dipaksa Pilih Cagub


MuslimsPost.Com |  Tidak semua pondok pesantren di Jawa Timur menyatakan dukungan kepada Wakil Gubernur Saifullah Yusuf maju di Pilkada Jawa Timur 2018, sebagaimana diklaim Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar.

Pimpinan Ponpes Al-Islah Bondowoso Kiai Muhammad Maksum menyebut klaim yang dilakukan Cak Imin merupakan hal wajar, walaupun tidak seperti kenyataan yang sebenarnya.

"Ya boleh saja, sah-sah saja. Tapi kalau kenyataannya tidak semua pesantren ke sana (Gus Ipul)," ujarnya ketika ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (24/08).

Menurut Kiai Maksum, ponpes yang dia asuh tidak terkait dengan dunia politik. Pesantren baginya harus berdiri dari dan untuk golongan manapun.

Dia hanya berpesan agar masyarakat Jatim bisa bijak dalam memilih calon gubernur. Lanjutnya, ada banyak tokoh di Jatim dan tidak mungkin untuk pesantren hanya disatukan pada satu nama.

"Menurut keyakinan saya tidak bisa kalau semua harus satu. Ada Pak La Nyalla Mattalitti, ada Ibu Khofifah, dan juga Gus Ipul. Kan semuanya bagus," pungkas Kiai Maksum.

Sumber : RMOL

No comments