Header Ads

MUI Imbau Jamaah Umrah Beribadah Sesuai Aturan


MuslimsPost.Com | Munculnya sebuah video yang menampilkan sejumlah jamaah umroh menyanyikan syair Ya Lal Wathan pada saat ibadah Sa'i mendapat tanggapan dari Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid.

Zainut berpendapat sebaiknya jamaah umrah atau haji, dalam menunaikan manasik baik thawaf maupun sa'i itu diisi dengan banyak berdzikir, berdoa, istighfar dan melafalkan kalimat yang baik.

"Karena itu yang disunnahkan atau dianjurkan dalam syariat agama. Baik lafaz dzikir dan doa yang sudah tersurat dalam al-Qur'an dan al-Hadits ataupun doa-doa yang disunahkan lainnya," kata Zainut pada Kamis (01/03).

Mengenai kontroversi keabsahan ibadah Sa'i karena tidak mengumandangkan doa-doa yang disunnahkan, menurut Zainut hal itu tidak membatalkan ibadahnya.

"Apakah sa'i dengan melantunkan lagu atau syair itu membatalkan sa'inya? tentu saja tidak, hanya perbuatan tersebut bisa mengurangi pahala umrahnya karena yang pasti mengganggu kekhusyu'an jamaah umrah lainnya," terangnya.

Zainut berharap kejadian tersebut menjadi pengalaman yang baik dan pelajaran yang berharga untuk kita semuanya.

"Terkadang sesuatu yang baik menurut kita itu belum tentu tepat  dilaksanakan pada tempat yang berbeda. Apalagi hal ini menyangkut masalah ibadah kepada Allah SWT sehingga dibutuhkan kehati-hatian agar ibadah kita menjadi sempurna," demikian Zainut. (Rls)


No comments