Header Ads

Soal Cadar, Muhammadiyah Minta UIN Sunan Kalijaga Lebih Mengedepankan Dialog


MuslimsPost.Com | Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas meminta pihak UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta lebih mengedepankan dialog terkait pelarangan mengenakan cadar.

"Itu memang kewenangan mereka, namun lebih baik agar kedua belah pihak melakukan dialog, atau bisa juga beradu argumentasi dengan para mahasiswi mereka atas kebijakan tersebut," papar Yunahar.

Jika memang tidak mempunyai alasan yang kuat, Yunahar menilai sebaiknya kebijakan pelarangan mengenakan cadar itu memang tidak perlu diterapkan karena akan memunculkan kontroversi.

"Kami sendiri di Muhammadiyah memang tidak pernah menganjurkan mengenai pemakaian cadar, namun kami juga tidak pernah melarang bagi mereka yang ingin memakainya," tutupnya.

Seperti diketahui rektorat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengancam akan mengeluarkan sebanyak 42 mahasiswinya yang mengenakan cadar.

Pihak kampus juga akan menelusuri latar belakang keluarga mahasiswi bercadar serta motivasi mereka memakai cadar, karena dikhawatirkan terpengaruh ideologi atau aliran tertentu.




No comments